About Me

Subscribe now!Feeds RSS

Latest posts

Other Things

Wednesday, December 26, 2007

sejarah maluku

0 comments

saya termasuk orang yang bergetar ketika melihat atau membaca sesuatu tentang masa lalu. tepatnya ketika jaman kolonial. jaman penjajahan. dari mulai masuknya belanda hingga beberapa tahun setelah kemerdekaan. walaupun tidak terbatas sama jaman ini. saya juga menikmati suasana ketika masa-masa kejayaan islam dahulu. jaman islam di spanyol, dan lain-lain. tapi yang ingin saya tekankan kali ini jaman kolonial saja.

saya selalu tergetar ketika melihat bangunan masa lampau yang punya corak khas jaman belanda. juga peninggalan-peninggalan sejarah di musium. ataupun hanya sekedar foto-foto. ya. saya menikmati momen-momen itu.

salah satu mimpi ultimate perjalanan saya adalah melakukan napak tilas apa yang telah dilakukan belanda dulu. mengunjungi kepulauan "rempah-rempah", menyusuri jalan pantura atau daendels, mengunjungi kota-kota tua dan benteng-benteng yang dibangun belanda dulu. untuk mewujudkan mimpi ini, saya jadi tertarik sejarah. hanya saja pengetahuan saya tentang literatur yang bagus tentang sejarah yang membahas ini sangat minim. ini gara-gara saya ga serius dulu pas belajar sejarah di smp sama di sma. menyesal. akhirnya pengetahuan sejarah banyak saya dapat dari novel dengan setting jaman tersebut. novel-novel pramoedya memang paling banyak. baru-baru ini rahasia meede-nya e.s ito bagus juga.

nah, beberapa hari yang lalu saya berkunjung ke gramedia PVJ. iseng-iseng saja niatnya, nyari novel baru. pas liat-liat di bagian sejarah dan budaya, saya liat buku yang menarik. bukunya des alwi, judulnya sejarah maluku. ya! ini salah satu buku utama yang saya cari untuk memahami jaman dulu. kepulauan maluku pernah punya peran penting dalam dunia masa lalu.

saya baru baca bab-bab awal buku ini. walaupun begitu, saya langsung terkejut. saya dapat banyak pengetahuan baru. ini diantaranya :
  1. ternyata pulau ru di kepulauan banda naira dulu pernah ditukar dengan manhattan alias newyork oleh belanda dan inggris
  2. ketika columbus tidak sengaja menemukan amerika, sebenarnya niat dia itu nyari kepulauan maluku lewat jalur baru
  3. kota-kota pendukung amsterdam seperti rotterdam dan lain-lain, dibangun oleh hasil penjualan rempah-rempah dari maluku.
selain itu banyak lagi pengetahuannya. buku ini sangat sangat menarik! saya sangat merekomendasikan! tunggu nanti resensinya di butahuruf ya....

Comments
0 comments
Do you have any suggestions? Add your comment. Please don't spam!
Subscribe to my feed

Post a Comment