About Me

Subscribe now!Feeds RSS

Latest posts

Other Things

Tuesday, March 15, 2016

Tidak seperti yang kita kira

0 comments

Tidak seperti yang kita kira. 

Begitulah respon saya setelah membaca buku Adam Grant ini: 
https://www.goodreads.com/book/show/25614523-originals
Ada beberapa hal baru yang jadi inputan informasi buat saya dan ada juga analisa yang membuat saya merasa 'ngeh' setelah membaca buku tersebut.

Di awal-awal buku tersebut, diceritakan bahwa, tidak seperti yang kita kira, pengusaha-pengusaha sukses dunia itu tidak se-risk taker yang kita bayangkan. Mereka pada awalnya tetap berada di zona nyaman mereka sambil mencoba hal-hal baru yang lebih berisiko. Setelah beberapa saat dan merasa akan berhasil, barulah mereka melepas zona nyamannya. Mereka itu diantaranya: Bill Gates, Steve Jobs, Larry Page, dll. 

Selain itu, banyak juga kisah-kisah lain yang diceritakan Adam Grant. Tapi satu kisah lagi yang menarik buat saya adalah kisah tentang anak pertama dan anak terakhir. Sudah banyak riset yang menunjukan nilai positif dan negatif anak berdasarkan urutan kelahirannya. Hasil paparan Adam Grant tersebut menghasilkan kesimpulan bahwa yang membedakan karakter anak berdasarkan urutan lahirnya itu adalah perlakuan orang tuanya. Karena secara default akan membedakan perlakukan kepada anak pertama dan anak tengah juga anak terakhir. Nah, katanya, kalau kita mau karakter seperti anak pertama, maka anak-anak berikutnya harus diperlakukan seperti anak pertama. Kalau kita mau karakter seperti anak terakhir, maka anak-anak sebelumnya harus diperlakukan seperti anak terakhir. 

Selain kisah-kisah itu, banyak juga kisah lainnya di buku tersebut. 

Comments
0 comments
Do you have any suggestions? Add your comment. Please don't spam!
Subscribe to my feed

Post a Comment