About Me

Subscribe now!Feeds RSS

Latest posts

Other Things

Tuesday, March 01, 2016

Dunia Menyelamatkan Dirinya Sendiri

0 comments

Dunia menyelamatkan dirinya sendiri. Begitulah kesan pertama saya membaca buku: The Rise and Fall of American Growth: The U.S. Standard of Living Since the Civil War.

Sebelum tahun 1900, orang mengira, semakin banyak manusia, maka dunia akan kekurangan makanan. Ternyata, seiring waktu, produktivitas pertanian meningkat dan ada teknologi yang bisa menyimpan makanan dalam waktu lama. 

Sebelum tahun 1900, orang mengira jalanan akan sangat kotor dan tidak higienis karena kuda-kuda semakin banyak sebagai alat transportasi. Ternyata, di kemudian hari mobil, pesawat, kereta, menggantikan kuda.

Sebelum tahun 1900, orang mengira tanah akan habis dibangun rumah-rumah karena manusia semakin banyak. Ternyata, lift ditemukan, bangunan bisa menjadi sangat tinggi dan bisa menampung banyak orang. 

Sebelum tahun 1900, orang mengira paus akan punah karena diburu untuk diambil minyaknya sebagai bahan bakar penerangan manusia. Ternyata di kemudian hari, gas dan minyak bumi ditemukan. 

Dan masih banyak kisah lainnya yang merubah itu semua..

Seperti halnya di masa lalu,  di jaman ini, kita banyak juga kekhawatiran akan keberlangsungan dunia ini. 

Tapi sepertinya dunia akan kembali menyelamatkan dirinya sendiri. Teknologi yang ramah lingkungan, transportasi massal, energi baru dan terbarukan, dan lain-lain semakin berkembang. 

Tapi bukunya baru tamat 15%. Sekarang mau lanjut lagi baca, siapa tau banyak informasi menarik lagi. 

Comments
0 comments
Do you have any suggestions? Add your comment. Please don't spam!
Subscribe to my feed

Post a Comment