About Me

Subscribe now!Feeds RSS

Latest posts

Other Things

Wednesday, October 08, 2014

Hal-Hal Yang Mengganggu Ketika Sholat Berjamaah

1 comments

 
Sholat berjamaah di mesjid telah kita semua ketahui mempunyai banyak keutamaan. sudah banyak tulisan-tulisan yang membahas tentang keutamaan sholat berjamaah baik dalam bentuk buku maupun tulisan di dunia maya.
 
Namun, pernahkah kita merasa tidak nyaman saat sholat berjamaah tersebut? Jarang sekali ada yang membahasnya. Jadi, di postingan kali ini saya pengen nyoba nulis berdasarkan pengalaman pribadi. Berikut listnya:
 
1. Mulut bau
Kejadian ini cukup sering. Ketika saatnya mengucapkan Amiin dengan cukup keras, jamaah sebelah belum sikat gigi, jadi udaranya langsung masuk ke mulut kita. 
 
2. Telapak kaki kotor
karena lokasinya di bawah, mungkin banyak orang tidak menyadarinya. Kasus ini sangat mengganggu saat kita berada di belakang jamaah tersebut. Membuat tidak nyaman saat melihatnya ketika sedang sujud atau saat duduk tahiyat. 
 
3. Shaf tidak sejajar
Seharusnya setiap orang sudah jelas panduannya. Di mesjid selalu ada karpet yang sudah memuat lokasi kaki seharusnya dimana. Tetapi banyak orang yang sering berdiri lebih mundur. mungkin dipikirnya, dia lebih nyaman karena lebih jauh ke kaki jamaah di depannya. Tapi apa dia pernah pikirkan jamaah di belakangnya??
 
4. Kaki bergerak mundur saat hendak sujud
kejadian ini sering dialami juga. entah kenapa, banyak orang menggerakan kakinya, semacam mundur satu langkah saat turun sujud. Bukankah tinggal bengkokan lutut saja tanpa perlu menggeser kaki ke belakang?? Jamaah belakang terganggu karena ruang sujud jadi makin sempit. 
 
5. Bersuara keras di tiap awal bacaan surat
Sudah jelas makmum itu membaca suratnya di dalam hati. Tetapi masih banyak yang entah ingin menunjukan fasihnya atau hapalnya, dia bersuara keras sebagian-sebagian (depannya saja): Bismmi.. Alham.. Arroh.. Ini sangat mengganggu konsentrasi jamaah di samping yang sedang membaca dalam hati karena terbawa alur bacaan dia!

Tampaknya cukup sekian yang sering dialami. mungkin ada yang ingin menambahkan??

Comments
1 comments
Do you have any suggestions? Add your comment. Please don't spam!
Subscribe to my feed
Linggar bayu waskitho said...

Didepan kita ada yang pakai bau yang belakngnya ada cerpennya

Post a Comment