About Me

Subscribe now!Feeds RSS

Latest posts

Other Things

Wednesday, March 26, 2008

cerita ubuntu (2)

0 comments

sekarang kita memasuki bagian kedua dari dongeng ubuntu saya. kalo belum baca bagian pertama, ada di sini. saya pengen merunutkan saja apa yang saya dapat dari hasil browsing di google secara acak tentang ubuntu ini.


ubuntu adalah salah satu jenis linux. populer karena pemakaiannya yang mudah serta aplikasi yang menyertai ubuntu cukup lengkap. linux for human, begitu kata mereka. versi yang paling umum sekarang adalah 7.10. tiap versi “jadi” punya nama. 7.10 namanya Gutsy Gibbon, 6.10 namanya Feisty Fawn, dan lain sebagainya. yang terbaru saat ini adalah versi 8.04, namanya Hardy Heron.


untuk bisa dapet cd installer ubuntu bisa minta gratis dikapalkan dari luar negeri sana. daftar di sini. selain itu juga, bisa download langsung, bisa beli di toko-toko linux atau penjual cd. atau minjem temen juga bisa. agak sulit menginstalnya. apalagi kalo mau dual boot (2 sistem operasi) sama windows.


awal-awal, untuk bisa ngelengkapin semua aplikasi di ubuntu, bisa dua cara. cari dvd-dvd repositories kalo offline atau download dari internet kalo online. apa itu repositories? sederhananya, itu adalah gudang tempat software-software aplikasi. karena saya instal aplikasi dengan cara online, jadi saya ngejelasin sebatas cara online saja ya.


enaknya open source itu, banyak orang yang baik hati bikinin software buat kita instal. dan cara kita dapet software itu juga sangat-sangat mudah. pengalaman saya instal secara online, ada 3 cara. tapi kesamaannya, di awal-awal sebelum instal, kita harus masukin dulu repositories itu. ibaratnya, kita bikin jalan dulu ke gudang penyimpanan. cara pertama, tinggal search aja di bagian application, buat add atau remove program. abis itu langsung deh diklik. ntar dia otomatis download untuk kemudian instal sendirinya. cara kedua, pake synaptic package manager. kurang lebih mirip sama cara pertama, bedanya, hmmm. apa ya. kalo pake synaptic package manager ini kita bisa instal file-file pendukung yang kecil. jadi bukan satu file aplikasi total. bingung ya? sama! jadi kita lewat saja ya. cara ketiga, itu lewat terminal. ini mirip dos prompt di windows. perintahnya mesti dihapal. sudo, apt-get, dpkg, dan lain-lain. rumit bagi sebagian orang, menyenangkan bagi sebagian yang lain karena lebih powerful. ketiga cara ini bisa kita pilih di bagian sejenis menu kalo di windows.


terus apa lagi ya yang mesti dijelasin?? itu aja kayanya. sebenarnya kalo browsing di google bakal nemu penjelasan yang jauh lebih lengkap dan baik. dan kalo ada temen-temen yang instal ubuntu juga terus nyari-nyari info di blog-blog orang, jangan kaget kalo banyak nama saya nyempil di komen-komen mereka. hehe. biasa, panik waktu itu :p.

Comments
0 comments
Do you have any suggestions? Add your comment. Please don't spam!
Subscribe to my feed

Post a Comment