About Me

Subscribe now!Feeds RSS

Latest posts

Other Things

Friday, March 21, 2008

cerita ubuntu (1)

2 comments

akhirnya rasa ingin tahu saya terpuaskan. dari dulu sering ngedenger yang namanya linux. awalnya saya tidak pernah tertarik buat nyoba. karena konon pemakaian linux ini bukan buat manusia, rumit. akhir-akhir ini, kalo saya baca beberapa blog yang ngebahas tentang dunia internet, dan sekitarnya, mereka selalu menyelipkan “ubuntu”. sekali dua kali ngedenger itu, saya bisa melupakannya. tapi ternyata dengung “ubuntu” tidak berhenti cuman sekali dua kali. tapi sering. jadilah ini sebuah alasan buat saya menginstal ubuntu.


akhirnya saya baca-baca dan browsing tentang ubuntu ini. masih belum ngerti tentang apa itu ubuntu kecuali sebatas kalo itu adalah salah satu jenis linux dan memakainya cukup mudah. karena saya terlalu banyak baca pengalaman orang yang gagal nginstal ubuntu ini, saya jadi takut. akhirnya minta anak IF buat instalin. tapi ternyata komputer saya jadi bisu. kata dia, “mesti masukin repositories dulu dan instal beberapa hal. pake apt-get aja biar gampang”. ngomong apa dia, saya pikir waktu itu. singkat cerita, nyampe rumah colokin internet, terus..terus..terus.. bingung. browse google, dapet beberapa pentunjuk instal. utak-atik dikit, berhasil! bisa ngomong komputer saya akhirnya.


cerita setelah itu adalah eforia. saya nyari aplikasi-aplikasi yang bagus. walopun ga ngerti caranya dan fungsinya, asal dia bintang lima dan banyak yang rekomendasi, langsung saya instal. termasuk eclipse yang sampai saat ini saya ga ngerti program apa ini. bahkan saat ini saya masih dalam keadaan eforia.


kesimpulannya, nyaris semua apa yang bisa dilakukan windows, bisa dilakukan ubuntu. bahkan banyak hal yang bisa dilakukan ubuntu dan tidak bisa dilakukan windows. menurut saya yang lagi eforia ini, semakin saya pake ubuntu, semakin saya jatuh cinta sama ubuntu ini.


sesuai judulnya, ini bagian satu cerita tentang ubuntu. nanti ada cerita keduanya.

Comments
2 comments
Do you have any suggestions? Add your comment. Please don't spam!
Subscribe to my feed
Anonymous said...

ayo semangat terur pake ubuntu Si, kalau mau tanya2, gabung ke milis komunitas linux bandung aja, bisa sharing2

Unknown said...

iya gung, sempet juga kemaren nanya di milis linux bandung. thanks

Post a Comment