About Me

Subscribe now!Feeds RSS

Latest posts

Other Things

Friday, March 14, 2008

belajar dari internet

0 comments

belajar dari internet. kalo boleh disederhanakan, internet saat ini menyediakan tiga cara bagi kita untuk mengambil ilmu dari sana. lewat tulisan/gambar, video, dan suara. mana yang paling baik? tentu saja tergantung setiap kebiasaan atau nyamannya buat seseorang. ada orang yang lebih mudah menyerap pengetahuan lewat tulisan, ada yang lebih mudah nyaman lewat tayangan video, dan ada yang merasa lebih gampang menyerap lewat suara. tinggal pilihan saja.


cara yang pertama sekaligus cara paling umum yang sudah sangat dikenal oleh semua orang dan paling sering dilakukan adalah lewat tulisan. banyak blog, file pdf, website, koran, forum, milis, dan lain sebagainya yang memberikan kita pengetahuan. yang perlu kita lakukan adalah membacanya. sesedarhana itu.


cara kedua, mulai banyak digemari orang. yaitu lewat video. website yang paling populer untuk ini adalah youtube tentu saja. tinggal di browse saja di sana, mulai dari bela diri sampai merakit komputer, bisa kita dapatkan secara gratis. hanya saja, butuh kecepatan internet yang cukup tinggi untuk mendukung fasilitas belajar cara ini. youtube sendiri tidak mengijinkan pengunjungnya untuk mendownload file-file disana. tapi manusia kan cerdik, tinggal search saja di google buat nyari tau gimana cara ngedonlotnya, ketemu deh langsung.


cara ketiga, kurang populer di indonesia. yaitu podcast atau podcasting. kita belajar lewat mendengarkan suara yang umumnya dalam format mp3. beberapa ilmu memang cocok disampaikan lewat mp3 ini. misalnya petunjuk buat meditasi. sekarang, yang lebih tidak populer adalah, bagaimana cara kita nyari ilmu macam ini di internet. disinilah muncul the evil jenius steve jobs. walopun saya masih belum sanggup buat beli ipod, iphone, apalagi macbook, tapi ada yang masih bisa dimanfaatkan, yaitu itunes. ini perangkat pemutar lagu gratis dari apel. tapi, buat ngebahas itunes dan podcasting disini mungkin agak panjang. jadi, lebih baik saya bahas di postingan selanjutnya saja ya. tapi kalo ga muncul-muncul, ya search saja di google lah ya.. :D

Comments
0 comments
Do you have any suggestions? Add your comment. Please don't spam!
Subscribe to my feed

Post a Comment