About Me

Subscribe now!Feeds RSS

Latest posts

Other Things

Friday, January 11, 2008

indonesianis dalam blog

0 comments

postingan kali ini adalah tentang blog. melakukan blogwalking adalah sesuatu yang menyenangkan. karena tiap orang yang post mempunyai latar belakang yang berbeda. inilah yang memperkaya dunia blog.

saya melakukan blogwalking, dan memasuki sebuah komunitas, eksplorasi akan sulit berhenti. rasa ingin tahu saya selalu memacu untuk terus mengklik link-link blog berikutna. salah satu komunitas itu adalah para indonesianis. bukan berarti mereka sangat ahli tentang indonesia. hanya saja, menurut ukuran saya, mereka sangat mengenal indonesia. dan yang terpenting adalah mereka membuat semua orang bisa mengakses apa yang mereka tau tentang indonesia.

setiap saya baca blog mereka, saya terharu. terharu karena saya tidak lebih baik dalam mensyukuri kondisi bangsa ini. terharu karena pengetahuan saya tentang bangsa ini tidak lebih baik dari mereka yang tidak lahir di indonesia. terharu karena cara mereka menyampaikan pandangan tentang indonesia sangat renyah dibaca.

ada beberapa blog yang blognya saya masukan dalam rss reader saya. saya baca javajive yang membahas tentang jawa dan beberapa lokasi wisata indonesia. saya baca juga jakartass yang dari situ kamu bisa terhubung ke barbagai blog lain yang membahas indonesia dengan perspektif macam-macam. perspektif yang sudah kita anggap biasa, tapi mereka bisa buat jadi luar biasa.

selain itu juga, ada baliblog yang memberikan petunjuk sangat lengkap tentang bali. jauh lebih lengkap dari pemerintah provinsinya atau departemen pariwisata dan kebudayaan menggambarkan bali.

dan yang membuat saya kagum adalah kemampuan mereka menulis sudah seperti menjadi bagian dari kebiasaan. kalimat yang renyah dan bahasa yang hidup.

Comments
0 comments
Do you have any suggestions? Add your comment. Please don't spam!
Subscribe to my feed

Post a Comment