About Me

Subscribe now!Feeds RSS

Latest posts

Other Things

Friday, May 05, 2006

Ekspedisi pulau sempu (1)

3 comments

Posting kita kali ini berisi tentang kisah perjalanan saya dan seorang teman ke sebuah daerah asing. Semoga berguna buat yang butuh referensi jalan-jalan

Beberapa bulan yang lalu, pas saya lagi baca-baca forum tentang adventure, petualangan, travelling dan sebagainya di internet, tanpa sengaja mata saya langsung tertuju ke suatu topik. Judul topiknya itu tentang perjalanan ke pulau sempu. Karena penasaran, saya pun langsung minta bantuan om google buat nyari info lebih jauh. Akhirnya dapet beberapa kisah perjalanan orang lain ke pulau yang bernama sempu itu. Sayapun cerita tentang pulau ini ke beberapa teman sejurusan di kampus. Mereka tertarik, dan akhirnya merencanakan perjalanan. Tetapi perjalanan itu tidak pernah terjadi. Setiap rencana selalu gagal. Lalu saya putar otak! Berikutnya saya ngajak teman-teman pengurus kokesma dulu. Mereka tertarik juga. Rencana perjalanan dibuat, dengan tanggal yang sudah dipastikan. Tetapi menjelang hari-H satu persatu, dari sekitar 6 orang yang sudah setuju, mengundurkan diri karena mereka ada keperluan lain. Sehingga yang tersisa tinggal saya dan orang ini. Setelah didiskusikan panjang lebar, mengenai apakah perjalanan akan dilanjutkan atau diundur, akhirnya kami memutuskan : the show must go on.

Eng....ing...eng..


Tentang pulau sempu
Pulau ini terdapat di kabupaten malang selatan, jawa timur. Tepatnya di daerah pantai sendang biru. Jarang orang yang tau, tapi disini salah satu tempat kampung nelayan dan juga terdapat salah satu pusat Tempat Penampungan/Pelelangan Ikan (TPI) di jawa timur.

Persiapan
Kami berdua adalah petualang amatir modalnya cuman mimpi, sedikit nyali, dan sedikit keberuntungan. Tanpa skill dan pengalaman sama sekali!! saya terakhir tidur di tenda pas pertengahan 2005 kemaren, pas ada pelatihan putra sunda. Sedangkan si nizar, terakhir nginep di tenda pas dulu SD, waktu persami, (di dalem kelas itu juga) hahahaha.... piss ah! Ok ok.. jadi detail persiapannya gini..

Kamis pagi
Setelah beberapa hari sebelumnya waktu dipastikan untuk perjalanan adalah jumat-selasa, alias 8-11 april . Jadi, pas kamis pagi itu, saya ngesms semua orang yang dulu sudah sepakat. Sialnya semua orang membatalkan, cuman satu orang yang bisa yaitu si orang ini tea. Akhirnya karena cuman dua orang, sayapun ngajak diskusi lebih mendalam tentang kepastian berangkat besok (mengingat kami adalah petualang amatir). Waktu diskusi disetujui sore harinya.

Kamis sore
Sore ini saya ketemu nizar di ex upt or. Depan sekre radio kampus (unit yg dia ketua-i). Saat itu kami ngajak beberapa orang lain lagi yang kepikiran, tapi semuanya ga bisa ikut karena satu dan lain hal. Dengan segala keterbatasan, kami memutuskan untuk tetap pergi besok. Kamipun merancang kebutuhan alat-alat yang harus dibawa untuk keperluan bertahan hidup selama 5 hari. Bagi-bagi tugas barang bawaan dilaksanakan. Dengan membawa daftar barang bawaan masing-masing, kamipun berpisah pulang dan berencana ketemu jumat pagi esok hari. Entah apa yang dilakukan nizar berikutnya, tapi kalo saya, saya langsung ke siliwangi, tempat penyewaan alat-alat kemping, buat nanya-nanya harga. Setelah dari siliwangi, saya pulang ke rumah.

Jumat pagi
Sesuai janji sebelumnya, saya sama nizar ketemu lagi di kampus buat memfixkan semuanya sama cek semua list kebutuhan (takut ada yg kurang). Sore itu juga kami pergi ke KMPA (keluarga mahasiswa pecinta alam) buat liat alat-alat yang mungkin ada disana bisa kami pinjam/sewa. Disana tidak ada hasil. Semua fix, kamipun berpisah lagi. Entah apa yang dilakukan dia, tapi kalo saya banyak sekali yg dilakukan!
- Meluncur ke ujung berung, ke rumah nenek buat minjem kamera digital
Sebenernya kameranya punya tante, tapi dititipin disana. Sekalian aja saya makan yamien yg enak dulu disitu. Jauh lebih enak dan lebih murah daripada yamien di warung lela! Cuman kalah tempat aja..
- Jumatan di mesjid PDAM (gelap nyawang)
Saya pilih mesjid ini soalnya tempat ini terkenal karena kecepatannya khotbah. Jauuh banget lah kalo dibandingin sama mesjid salman mah..
- Berikutnya ke siliwangi buat nyewa tenda.
Disini saya cuman sewa tenda dome aja. Harganya 15rebu/hari. Sampe selasa, diitungnya cuman 3 hari. Jadi total 45rebu. Ngobrol2 dulu bentar, sama yg jaga toko itu. Dia nanya saya mau kemana. pas saya jawab mau ke malang, dia ngomong, kalo dia juga orang malang. Nah, pas saya bilang mau ke pulau sempu, dia malah nakut2in, dia bilang hati2 aja, disana daerahnya rawan. Trus dia bilang pas nyampe kesana minta ijin dulu... bukan sama petugas, tapi sama leluhur/penghuninya..... hhiiiiiiiiiiiiii....
- ke kosan pisko buat minjem kompor gas portable punya dia.
Dia ada, tanpa pikir panjang, saya ambil aja kompornya. Tapi karena gasnya abis, saya ke gelael (superido) dulu buat beli gasnya.
- Lalu dilanjutkan ke otista buat beli roti sidodadi.
Beli roti buat jaga2 aja. Soalnya kan di pulau itu ga ada warung ataupun rumah penduduk. Saya beli roti ini soalnya ukurannya gede, lumayan enak, n tahan banting :)
- Akhirnya pulang ke rumah
Abis itu pulang ke rumah buat mandi, beli beberapa alat (baterei,dll), packing, makan, sama nyimpen motor.
- Berangkat ke stasion
Abis itu sore itu saya berangkat ke stasion bandung ngejar kereta mutiara selatan yang ke surabaya. Ke stasion dari rumah naek angkot!! (sangat tersiksa sekali, mengingat sudah beberapa taun terakhir ini tidak pernah naek angkot jarak jauh). hehehe....
Bersambung........
(tunggu kelanjutan cerita selanjutnya bagaimana perjalanan kesana cukup membuat keringat bercucuran)

Comments
3 comments
Do you have any suggestions? Add your comment. Please don't spam!
Subscribe to my feed
[dini] said...

fiksiii..kamu gak diapa2in sama nizar kan selama bulan madu kalian?? hehehe..ke bromo yuk!!!!
-teman oskm mu yang baik hati-

Budi Sukarman said...

ternyata rame oge fik peerjalanan ka sempu teh. Sayang juga euy teu bisa ikut. tapi kumaha deui atuh da aya kepentingan nu lain.

rental outdoor said...

Kalian ingin merencanakan kegiatan camping / hiking, kami menyediakan banyak perlengkapan Camping - Hiking untuk di sewakan.

Tenda dome isi 3-4 orang
Carrier 60lt/80lt + Cover
Tenda pramuka isi 10 orang
Sleeping Bag (dacron/pollar)
Nesting TNI
Kompor portable
Headlamp (LED)
Lentera tenda (LED)
EggHolder isi 12
Flysheet
Matras

Info harga bisa di cek di Puncak Petualang No.1 di Sidoarjo

Lokasi   : P. Sidokare Asri QQ.2, Sidoarjo - Jawa Timur
SMS/WA  : 08563430171

Post a Comment