About Me

Subscribe now!Feeds RSS

Latest posts

Other Things

Thursday, December 15, 2005

kesederhanaan memang tidak cocok dgn ambisi kita!

2 comments

setelah hampir satu tahun bergabung di dunia per-blog-an, pada beberapa hal berhasil membuka wawasan saya. sejak saya coret-coret di blog, membaca blog punya org lainpun menjadi salah satu kebiasaan. memang ada keasyikan sendiri ketika membaca postingan orang lain. kita seperti jadi spionase yg mengikuti gerak-gerik langkahnya! (alah!) tapi, overall, kita jadi tau (atau sok tau) tentang pencapaian-pencapaian yg sudah diperoleh seseorang. diluar kemungkinan bahwa ada juga org yg suka melebih2kan ceritanya dan prestasinya (termasuk saya :p).

ternyata mengikuti prestasi orang lain itu lumayan lho buat jadi semacam benchmark sejauh mana kita sudah melangkah. kita jadi tau peta dan posisi kita di tengah-tengah hingar bingar dunia :p. sederhananya gini, misalkan saya udah berhasil mencapai sesuatu dan saya merasa senang dan merasa di atas angin lah. trus pas kebetulan baca blog punya orang lain, ternyata org tersebut punya pengalaman yg hampir sama kayak saya, malah pencapaian dia lebih. nah, ketika itu saya jadi ada perbandingan atau parameter bagaimana saya sudah melaluinya dan bagaimana org lain melaluinya.

adanya parameter ini buat saya sih asik! saya jadi ga pernah berhenti bikin target buat ngelakuin atau ngedapetin banyak hal. karena ternyata diatas langit , masih ada langit! dan bahkan ada yg umurnya sedikit di bawah saya, tapi pengalamannya jauh di atas saya! yaaa, saya jadi ga pernah bisa tenang. kayak maen game! kalo kita udah berhasi di level satu, maka bakal ada level dua yang harus ditaklukan, dan begitu seterusnya.

kayak sekarang contohnya, kalo sama temen2 dan lingkungan saya di dunia nyata, untuk beberapa hal saya lumayan ga ketinggalan lah kalo masalah pencapaian pada beberapa bidang tertentu. dengan saya sadar itu, ya saya jadi berhenti sampe disitu. tapi, pas saya masuk ke lingkungan di luar yg ada skrg, dunia blog ini salah satunya, petanya jadi berubah! saya jadi ngerasa ketinggalan banget dari orang banyak. jadilah saya kembali bikin targetan2 baru tadi. sekarangpun saya masih punya hampir 20 target yg mesti dikejar dalam jangka waktu 1,5 taun ke depan. dan ke-20 targetan itu konon dipercaya bisa memuluskan jalan bagi ambisi saya buat ngejar/nangkep big fish yg bisa diambil dalam rentang 10 taun ke depan. mengerikan bukan?? hahaha :D

kalo mengenai pilihan2 target itu, entah kenapa, saya sekarang merasa terasah buat milih hal-hal mana yg harus saya dapatkan, lakukan, dan kuasai. dan juga tau bagaimana cara menjual targetan2 yg sudah tecapai itu pada suatu lingkungan atau pas dibutuhin untuk meningkatkan leverage sayah. bahkan kadang-kadang temen2 saya ga ngerti kenapa saya mengejar suatu target tertentu (karena dia ngerasa ga perlu dan ga ada hubungannya), tapi sebenarnya hanya tinggal masalah waktu saja, sampai saya bisa nunjukin itu sebagai katalis yg bener2 efektif!

pada akhirnya, saya jadi bingung, mana yg merupakan hobby murni atau mana yg merupakan kegiatan yg harus dijadikan hobby (hobby buatan) karena saya sadar bahwa suatu saat hobby buatan itu akan berguna. bahkan saya sekarang mikir kalo ternyata buat saya there is no such thing as the so-called hobbies (parah!). oiya, paling yg jadi hobby murni itu ya tidur, makan dan sebangsanya :p.

ok! segitu saja curhatan buat blog ini yg pertama di bulan desember. sampai jumpa semuanya...

Comments
2 comments
Do you have any suggestions? Add your comment. Please don't spam!
Subscribe to my feed
Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.

Post a Comment