About Me

Subscribe now!Feeds RSS

Latest posts

Other Things

Wednesday, June 08, 2005

Pandangan, jarak pandang, & sudut pandang

0 comments

semuanya mempunyai kata dasar yang sama : pandang. mari kita telusuri satu-satu.

pandangan,
kondisi idealnya adalah kita mampu memberikan sebuah pandangan atas suatu situasi. tidak gampang untuk punya pandangan. kalo kita tidak ngerti apa-apa terhadap sebuah persoalan, sudah wajar akan sulit untuk bisa punya suatu pandangan. tapi buat orang yang punya banyak informasi tentang kondisi yang terjadipun akan sulit untuk bisa punya suatu pandangan, karena ini terkait dengan keberanian (melawan arus, perubahan, dsb).

jarak pandang,
kondisi idealnya, kita punya jarak pandang yang jauh ke depan dan bisa memperhitungkan perubahan-perubahan yang bakal terjadi. sayangnya jarang yang punya perspektif jangka panjang. kebanyakan orang hanya melihat dan bertindak untuk jangka pendek, selama itu nyaman untuknya.

sudut pandang,
kondisi idealnya, kita punya sudut pandang yang banyak ketika melihat suatu hal. sehingga kita bisa seobjektif mungkin melihat permasalahan. sayangnya kebanyakan kita menjadi seorang koservatif yang melihat segala sesuatu berdasarkan latar belakang kita. sehingga melupakan (tidak mau menerima) bahwa ada perspektif lain dalam melihat suatu persoalan.

kalo saya sih masih jauh dari kondisi ideal di atas! tapi kalo cita-cita sih, ya pengen bisa mendapatkan semua kondisi ideal di atas. dan berdasarkan hasil penelitian 'serampangan' maka ada caranya untuk bisa menjadi ideal tersebut. katanya the keywords are wawasan yang luas, kerendahan hati (open minded), dan keberanian.

Comments
0 comments
Do you have any suggestions? Add your comment. Please don't spam!
Subscribe to my feed

Post a Comment