About Me

Subscribe now!Feeds RSS

Latest posts

Other Things

Tuesday, February 16, 2016

Mungkin ini yang bikin mereka cepat..

0 comments

Beberapa minggu yang lalu, saya diundang ke acara kumpul-kumpul salah satu start up yang lagi ngehits di Jakarta. Acaranya malam hari sekitar jam 7an. Disana ada pegawai perusahaan tersebut dan non pegawai. Diawali makan-makan ringan dan minum-minuman keras ringan juga kemudian dilanjutkan dengan cerita dari orang no 1 nya untuk Indonesia.

Yang menarik adalah, yang handle operasional seluruh Indonesia saat ini dipegang hanya oleh 15 orang saja dan kalau tidak salah, expatriate nya 2 orang, termasuk orang nomer 1 nya tadi. Si GM tadi cerita, kalau Indonesia merupakan salah satu pasar yang menantang. biasanya dia turun ke satu negara yang belum terjamah untuk set up sistem. Rekrut 1 GM, 1 Orang yang tanggung jawab supply, 1 orang yang tanggung jawab demand. kemudian dalam waktu setidaknya 1 tahun, dia sudah bisa pergi ke negara baru lain untuk setup kembali dari awal. tapi di Indonesia, dia masih belum bisa keluar untuk megang negara baru sampai sekarang (sudah beberapa tahun). 

Memang agak sulit sih sepertinya untuk mendapatkan orang lokal yang bisa jadi nomer 1 nya. setidaknya orang tersebut punya pengalaman ngurus orang banyak, mengerti tentang industri ini, tau tentang informasi kekinian teknologi terutama bidang ini, bisa ngolah data, dekat dan kenal dengan lembaga pemerintahan, siap dengan waktu kerja yang panjang. semua skill ini adalah kombinasi antara orang tua dan orang muda.

Sekilas mendengarkan paparan orang tersebut, sepertinya orang-orang start up ini pekerja keras semua. Bekerja jauh melewati batas 40 jam/minggu. katanya, di kantor pusatnya itu, suka masih ada beberapa orang yang bekerja jam 12 malem atau jam 1 dini hari dan owner nya suka tiba-tiba masuk ke ruangan dan lewat begitu saja. Mungkin ini yang bikin mereka cepat berkembang kali ya..

Comments
0 comments
Do you have any suggestions? Add your comment. Please don't spam!
Subscribe to my feed

Post a Comment