About Me

Subscribe now!Feeds RSS

Latest posts

Other Things

Tuesday, April 06, 2010

Kawah Ijen – TN. Baluran – Tj. Papuma

1 comments

Tanggal 1-5 April kemaren saya dan teman-teman yang kebanyakan baru kenal, berangkat jalan-jalan ke kawah ijen, taman nasional baluran dan tanjung papuma. konon, perjalanan sejenis dinamakan share travelling. Dilatarbelakangi kebanyakan daerah wisata di negeri ini berada di pelosok yang belum ada sarana transportasi dan fasilitas yang memadai, maka share travelling ini difokuskan pada biaya transportasi dan penginapan yang bisa dibagi-bagi oleh banyak orang jadi beban untuk tiap orang menjadi ringan.

Di kawah ijen, didominasi oleh turis asing dari eropa terutama perancis, jerman, dan belanda. Turis lokal kebanyakan dari daerah jawa timur yang bawa kendaraan sendiri. Sedangkan di taman nasional baluran dan di tanjung papuma didominasi oleh turis lokal dari jawa timur. Beberapa foto ini saya ambil dari kamera hape sendiri, dan yang lainnya diambil dari upload-an temen-temen yang lain. hehehe…

Ini foto di Kawah Ijen bareng temen-temen yang ikut perjalanan:

Ini salah satu foto di Taman Nasional Baluran:

Sedangkan yang terakhir ini adalah icon dari Tanjung Papuma:

Setelah pulang dari jalan-jalan ini, ada perasaan yang hilang yang biasanya hadir ketika habis pulang dari perjalanan jauh. Agak sulit mendeskripsikannya, tetapi perasaan itu adalah perasaan campur aduk dari “berani”, tanpa rasa takut, kepuasan, ketenangan, dan sejenisnya ketika menyentuh daerah sendiri atau daerah rumah. Padahal rasa ini yang saya harapkan untuk hadir. dem!

Mungkin ketidakhadiran rasa itu karena dalam perjalanan kali ini saya merasa aman, nyaman, tenang, tidak khawatir, dan tidak merasa was-was. Semua direncanakan oleh orang lain dan saya tidak perlu khawatir, hanya perlu mengikuti kemana saja inisiator dan koordinator membawa arah perjalanan ini. Mungkin cuman ini kekurangan dari share travelling. setidaknya menurut saya..

nb. foto yang lebih lengkap bisa diliat di: http://goo.gl/E3wJ tapi belum lengkap juga sih, masih nunggu dari kamera yang lain. hehehe.

Comments
1 comments
Do you have any suggestions? Add your comment. Please don't spam!
Subscribe to my feed
morishige said...

bener, mas. kalo perjalanan kita udah diatur sama orang lain, kita tinggal bawa badan, rasanya ada yang kurang. yang paling saya nikmati dalam perjalanan adalah saat-saat merencanakannya.. :D

Post a Comment